Menguji Inductor (Tegangan Searah)

www.teknisikediri.blogspot.com

Induktor adalah sebuah komponen elektronika pasif yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya. Kemampuan induktor untuk menyimpan energi magnet ditentukan oleh induktansinya, Induktor adalah sebuah kawat penghantar yang dibentuk menjadi kumparan, lilitan membantu membuat medan magnet yang kuat di dalam kumparan dikarenakan hukum induksi . Induktor adalah salah satu komponen elektronik dasar yang digunakan dalam rangkaian yang arus dan tegangannya berubah-ubah dikarenakan kemampuan induktor untuk memproses arus bolak-balik.induktor idealnya memiliki induktansi, tetapi tanpa resistansi atau kapasitansi, dan tidak memboroskan daya.

Fungsi Induktor dalam Laptop Motherboard sebagai penghemat daya .menyimpan arus listrik dalam bentuk medan magnet dan Meneruskan/meloloskan arus searah/dc                                                

Bila arus listrik sudah memenuhi lilitan , maka arus akan bergerak berlawanan arah dengan proses pengisian sehingga pembangkitan medan magnet dengan garis gaya magnet yang sama akan menjalankan fungsi dari lilitan tersebut .

makin tinggi nilai L ( induktansi) yang dihasilkan ,maka makin lama pula proses pengosongannya.
Inductor juga bisa menjadi acuan titik ukur pada rangkaian 3V_5V system ,VCCORE,VCCP,VCCRAM .Setiap rangkaian yang outputnya berubah-ubah selalu diberikan Inductor dimana reaktornya dapat untuk menstabilkan arus .
Induktor bersama kapasitor dapat berfungsi sebagai rangkaian resonator yang dapat beresonansi pada frekuensi tertentu.
(copyright~adiedkhaz)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menguji Inductor (Tegangan Searah)"

Post a Comment