Cara memperbaiki laptop acer aspire e1-431 hanya tampil di lcd monitor

Service laptop acer aspire e1-471 e1-431 masuk keadaan hidup dengan keluhan blank screen atau tidak tampil pada layar laptop namun bisa nyala tampil normal jika dicoba dengan menggunakan LCD monitor.
turtorial service laptop acer e1-431 tidak tampil di lcd
Dalam kasus seperti ini saya akan menjelaskan beberapa titik ukur dan cara service laptop acer dengan melalui pengukuran yang sering digunakan oleh para teknisi laptop untuk menangani kasus kasus laptop seperti ini.

  1. Untuk langkah pertama kali yang saya lakukan adalah dengan mengganti lcd laptop terlebih dahulu.
  2. Jika langkah pertama nihil atau tidak ada hasil maka coba untuk mengganti kabel LVDS flexibel laptop dengan yang baru ataupun flexibel acer bekas asalkan normal
Kalau kedua langkah diatas usai dilakukan namun laptop masih tetap saja silahkan anda lakukan beberapa langkah berikut untuk cara memperbaiki kasus laptop acer hanya tampil di monitor saja atau yang biasa disebut tampil namun layar gelap (lampu lcd laptop tidak hidup)

  1. Cek socket lvds pada motherboard laptop dan ternyata OK
  2. Cek teggangan wajib yang masuk  ke jalur lcd 19V  sudah OK
  3. Kemudian cek teggangan 3v BL_ON ternyata tidak keluar
    Telah diketahui penyebab lampu pada layar laptop tidak keluar adalah tidak hadirnya teggangan wajib 3V BL_ON , untuk titik ukur 3V BL_ON bisa dilihat pada gambar dibawah :
    turtorial service laptop acer e1-471 blon tidak jalan
    Pada titik ukur diatas pada kaki kaki Q2 harus hadir 3V BL_ON setelah laptop dihidupkan dan membuat tampilan pada layar laptop tampil.
    titik ukur pada lblon acer e1

  4. Untuk pengukuran silahkan cek gambar dibawah :
    gambar contoh skematic blon
    Cek pada mosfeet Q2 Q3 dan Q1 jika semua normal langsung saja cek pada shortbridgenya atau yang umum disebut dengan chipset , coba reballing jika tetap langsung replace dengan chipset yang baru, langsung colok charger hidupkan kasus closed dengan penggantian chipset pada laptop acer aspire e1-431 471
Jika anda mengalami kasus seperti diatas jangan panik , bawa saja ke tempat service laptop terpercaya dan berkualitas atau bisa langsung menghubungi kami :
WA : 081332785211

Artikel Terkait Lainya

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara memperbaiki laptop acer aspire e1-431 hanya tampil di lcd monitor"

  1. siiif gan matursuwun salam semangat

    ReplyDelete
  2. Untuk orang awam, kayaknya ngerih juga ya mas kalau harus bongkar-bongkar laptop sendirian.. bukannya jadi betul takutnya tambah rusak. Kalau laptopku begitu, ada baiknya dibawa ke tukang service aja apa ya mas?

    ReplyDelete