Dioda Dan Fungsinya - Elektronika Dasar

Dioda pengertian dan fungsinya  -  Dioda adalah sebuah komponen elektronika yang memiliki fungsi sebagai penghantar arus listrik yang memiliki arus searah dan akan menghambat arus listrik yang mengalir dari sebaliknya. Dioda juga bisa digunakan untuk mengontrol arus, yaitu dimanfaatkan sebagai saklar elektronik. Dioda terdiri dari dua komponen elektroda Anoda dan Katoda.

Apa itu anoda dan Katoda ?

Elektroda Anoda  adalah biasa berupa logam maupun penghantar listrik lain. pada sel elektrokimia yang terpolarisasi jika arus suatu listrik mengalir ke dalamnya. Arus listrik mengalir berlawanan dengan suatu pergerakan elektron. Pada suatu proses elektrokimia baik sel galvani ataupun cell elektrolisis, Elektroda Anoda Mengalami oksidasi.

Elektrodak Katoda sendiri adalah kebalikan dari Elektroda Anoda dalam sel elaktrokimia yang terpolarisasi jika arus listrik menglir darinya.

Cara kerja Diode sendiri seperti gambar diatas jika arus listrik mengalir dari kutub A maka arus listrik dari kutub B tidak akan masuk ke kutub A.

Nah jika ada kekeliruan silahkan dikoreksi dengan berkomentar , Maka akan segera kami koreksi dengan menambahkan artikel maupun koreksi dari sobat.

Artikel Terkait Lainya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dioda Dan Fungsinya - Elektronika Dasar"

Post a Comment