Jenis-Jenis Kapasitor Beserta Fungsinya - Elektronika Dasar


Jenis-Jenis Kapasitor Beserta Fungsinya - Kapapsitor adalah salah satu dari berbagai macam komponen dasar elektronika yang memiliki fungsi sangat penting. Kapasitor atau biasa disebut dengan kondesator merupakan komponen yang mampu menyimpan dan melepaskan suatu muatan listrik. Satuan kapasitor disebut dengan Farad, yang menunjukan kemapuan menyimpan suatu muatan listrik atau kapasistansi, Farad sendiri diambil dari nama penemunya Michael Faraday penemu kapasitor.

Kapasitor memiliki beberapa jenis :
  • Kapasitor Non Polar
    Kapasitor non polar adalah kapasitor yang dibuat dengan bahan dielektrik dari keramik, lm dan mika. Keramik dan mika adalah bahan yang popular serta murah untuk membuat kapasitor yang kapasitansinya kecil. Tersedia dari besaran pF sampai beberapa uF, yang biasanya untuk aplikasi rangkaian yang berkenaan dengan frekuensi tinggi. Termasuk kelompok bahan dielektrik lm adalah bahanbahan material seperti polyester(polyethylene terephthalateatau dikenal dengan sebutan mylar), polystyrene, polyprophylene, polycarbonate, metalized paper dan lainnya. 
  • Kapasitor Polar
    Kapasitor Polar adalah kapasitor yang kedua kutubnya mempunyai polaritas positif dan negatif, biasanya kapasitor Polar bahan dielektriknya terbuat dari elketrolit dan biasanya kapasitor ini mempunyai nilai kapasitansi yang besar dibandingkan dengan kapasitor yang menggunakan bahan dielektrik kertas atau mika atau keramik.Lihat pada gambar di bawah.
  • Kapasitor Variabel
    Kondensator variabel dan trimmer adalah jenis kondensator yang kapasitasnya bisa diubah-ubah. Kondensator ini dapat berubah kapasitasnya karena secara fisik mempunyai poros yang dapat diputar dengan menggunakan obeng.
Nah sekian dulu dari kami , artikel diambil dari berbagai sumber jadi jika ada salah silahkan di koreksi dengan berkomentar, Terimakasih.


EmoticonEmoticon