Jenis-Jenis Transistor - ELektronika Dasar


Jenis Jenis Komponen Elektronika Transistor Lengkap -  Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas atau mengulas kembali jenis jenis transistor , agar lebih mudah dalam memperlajari elektronika mulai dari dasar , seperti halnya kita mengulang kembali waktu masih belajar di sekolah dulu.  Langsung saja simak penjelasan berikut.

Transistor memiliki dua jenis transistor yaitu :  Transistor Bipolar dan Unipolar.
a. Transistor Bipolar 
Transistor Bipolar adalah transistor yang memiliki dua kutub pesambungan.

b. Transistor Unipolar 
Transistor Unipolar adalah sebuah transistor yang hanya memiliku satu kutub persambungan.
Transistor biasa memiliki 3 buah kaki yang masing masing memiliki nama Emitor, Basis dan Kolektor.  Secara mendasar ada dua macam transistor yaitu transistor Junction NPN dan PNP. Agar transistor dapat beroperasi dengan baik pada suatu rangkaian elektronika, transistor harus diberi bias dengan benar. Bila kita ingin transistor bekerja dengan aktif maka Junction Emitterbase diberi bias mundur. Nah sebelu kita memberikan bias pada sebuah transistor. Kita harus mengetahui jenis dari transistor yang akan digunakan tersebut.

Transistor PNP dan PNP yang terdapat suatu cara yang mudah untuk menentukan jenis transistor, yaitu dengan menggunakan Ohmmeter. Jika kaki negatif dari OHmmeter yang berhubungan dengan internal baterai dihubungkan ke pada Katoda dan kaki Positif ke pada Anoda, pada meter akan terbaca sebuah nilai resistansi yang cukup rendah. Hal ini disebabkan oleh elektron- elektron dapat secara mudah mengalir dari bagian N ke bagian P. Dengan kata lain baterai dalam meter memberikan Bias maju pada P-N junction , akan tetapi jika polaritas pada kaki kaki meter dibalik, metek akan membaca nilai resistansi yang tinggi karena internal baterai memberikan bias mundu kepada junction. Sebuah cara yang sama dapat juga digunakan untuk mengidentifikasi suatu jenis transistor NPN dan PNP. Menentukan suatu jenis komponen ini memanglah tidak akan menjadi masalah bagi yang sudah biasa dengan dunia elektronika, Bahkan bagi orang profesional cukup melihat dan membaca kode pada komponen sudah mengetahui jenis suatu komponen elektronika. Tapi tidak semua orang paham dengan hanya melihat kode komponen yang sudah ada pada suatu komponen tersebut terutama bagi orang awam.  Transistor NPN Dan PNP - Elektronika Dasar

Nah sekian , artikel diambil dari beberapa sumber jika ada kekeliruan atau ingin menambahkan silahkan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Lainya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Transistor - ELektronika Dasar"

Post a Comment