Tips Untuk Menghemat Daya Energi Listrik Pada Laptop Komputer

Cara untuk menghemat daya baterai atau listrik  pada laptop komputer - Kali ini kita akan membahas sedikit Tips menghemat daya baterai dan listrik pada laptop komputer. Menghemat daya baterai atau listrik pada laptop komputer sangatlah berguna bagi kita terutama untuk mencegah pembengkakan pada saat membayar listrik dirumah juga dapat menghemat daya laptop saat kita pakai dalam kondisi jauh dari rumah (Outdoor) dan tidak ada listrik sama sekali. Langsung saja simak artikel dibawah ini :



Turtorial cara menghemat daya energi listrik dan daya pakai baterai laptop, dengan mudah dan tidak ribet.

  • Atur Pencahayaan dan kontras layar monitor laptop komputer
    Bagi orang awam (Pemula) mungkin sangat jarang sekali mereka memperhatikan pengaturan pada layar monitor mereka.  Disini yang dimaksut adalah tingkat pencahayaan pada layar monitor dan kontras yang diatur terlalu tinggi atau cerah akan sangat menghabiskan daya energi listrik maupun daya baterai laptop. Maka dari itu saya sarankan anda harus bisa mengatur pencahayaan kontras pada laptop komputer anda.
  • Matikan Layar Monitor (Untuk Komputer)
    Dengan mematikan layar monitor komputer, terutama untuk monitor yang ber jenis CRT (Cathode Ray Tubel) karena monitor ini lebih banyak sekali mengkonsusmsi daya tenaga listrik. Jadi, jika anda ingin atau hendak meninggalkan komputer PC tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama, saya sarankan sebaiknya melakukan tindakan dengan mematikan layar monitor anda.
    - Cara setting  pada windows agar layar monitor secara otomatis mati dalam beberapa waktu.
    klik Control Panel-Options. Dalam Power Options Properties klik tab Power Schemes. Lalu klik tanda panah di bagian Power Schemes lalu pilih Home/Office desk. Lalu pilih waktu yang diinginkan pada Turn Off Monitor dan klik Apply dan OK.
  • Matikan Hard Disk (Khusus Komputer PC)
    Meskipun kita tidak menggunakan atau melakukan apapun pada komputer PC kita , namun data kita akan selalu terbaca dari hardisk, oleh system operasi maupun aplikasi. Karena itu hard disk akan selalu berputar dan tentu akan menghabiskan lebih banyak daya energi listrik. Jika hendak ingin meninggalkan PC dalam waktu yang cukup lama , alangkah baiknya mematikan hard disk komputer PC.
    -Cara mematikan hardisk pada komputer pc anda
     Pada Power Options Properties lalu klik tab Power Schmes. Klik tanda panah di bagian Power Schemes dan pilih Home/Off desk. Kemudian klik Turn off hard disk dan pilih waktunya. Lalu klik Apply dan Ok.
  • Matikan Perangkat Lainya
    Tips selanjutnya dengan mematikan perangkat perangkat lain seperti halnya speaker aktif, modem eksternal scanner, Zip drive maupun printer. Karena perangkat ini sangatlah menguras dan menghabiskan banyak sekali energi listrik. Seringkali banyak orang meninggalkan perangkat tersebut dalam keadaan masih aktif bahkan saat sedang keluar dalam kurun waktu yang cukup lama sekali.
  • Mode Hibernate
    Gunakan mode hibernate untuk mematikan laptop pc atau biasa disebut dengan shut down namun tidak menutup atau mematikan aplikasi yang sedang kita buka dan pakai sebelumnya.
    Cara melakukan mode hibernate dengan mudah.
    Pada Power Options kliklah tab Hibernate. Lalu klik kotak dekat Enable Hibernation. Klik juga pada tab Advanced. Dalam bagian When I Press the power button lalu klik tanda panahnya kemudian klik Hibernate. Klik Apply dan pilih Ok. Setelah itu tekan tombol Power pada komputer anda. Mode hibernate sudah berfungsi, tekan tombol Power sekali lagi, komputer anda akan menyala dan akan otomatis membuka aplikasi yang telah anda buka sebelumnya.
  • Mode Standbye
    Supaya lebih bisa menghemat daya. Sebaiknya melakukan pengaturan monitor dan hardisk berada pada bagian yang paling rendah pada mode standbye. Jika kalian ingin meninggalkan komputer PC maupun laptop sebentar saja. Alangkah baiknya mengaktifkan mode standbye. Namun yang harus dan wajib anda ketahui saat pada kondisi mode standbye aktif data-data yang belum kalian simpan dapat mengalami kerusakan bahkan hilang. Saran saya sebelum melakukan mode stanbye alangkah baiknya menyimpan dahulu data yang telah atau masih kita kerjakan tadi.
  • Gunakan UPS pada Komputer PC
    Menggunakan selalu alat UPS alat yang sangat membantu menyelamatkan suatu data yang kita kerjakan pada saat mati listrik dengan tiba-tiba dan lebih menghemat daya.
  • Baterai Laptop
    Pada saat men-charge baterai laptop, pastikan proses pengisianya selesai. Karena proses pengisian yang dilakukan setengah-setengah lalu dilanjutkan kembali, itu akan lebih menghabiskan banyak sekali daya energi listrik. Jika sedang ingin berpergian sebaiknya membawa selalu baterai tambahan. Dan untuk menghemat pemakaian daya baterai anda bisa memanfaatkan feature yang telah disediakan oleh laptop yaitu Hibernate atau Suspended dan bisa juga gunakan siket listrik yang dihubungkan ke stopkontak.
  • Port USB laptop komputer
    Pada saat mengunakan laptop dan menggunakan port usb untuk mengcopy suatu data dari laptop ke flasdisk sebaiknya jika sudah selesai langsun dilepas. Karena perangkat flasdisk yang masih tertancap di  Port USB laptop itu dapat menghabiskan daya baterai pada laptop.
  • Skema Pemakaian Energi Pada Laptop
    Biasanya pada produsen laptop sudah menyertakan feature juga software power management. Software yang berguna sekali  untuk menghemat daya pada sebuah laptop dan mampu mengatur pemakaian suatu baterai dan daya listrik yang sedang dipakai. 
Pada intinya sebenarnya untuk menghemat listrik atau daya itu mudah , cukup melepas atau mematikan perangkat yang sudah tidak dipakai dan diperlukan lagi. Sekian turtorial tips untuk menghemat daya energi listrik dan cara hemat daya baterai laptop komputer. Semoga bermanfaat.

Terimakasi telah mampir dan membaca :)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Untuk Menghemat Daya Energi Listrik Pada Laptop Komputer "

Post a Comment