Cara Memperbaiki Laptop Acer 14 Z1402 Tidak Bisa Hidup atau Mati Total


Service Laptop Acer 14 Z1402 - Laptop dengan type ini sering mengalami kerusakan, pada umumnya kerusakan yang sering terjadi pada laptop acer 14z ini adalah no display atau biasa yang orang keluhkan mesin hidup namun tidak ada tampilan pada layarnya. Kerusakan lainya yang biasa dikeluhkan namun masih dalam kategori kerusakan ringan seperti saat di setting tangal dan tahun laptop acer z1402 tidak mau ngesave (menyimpan) waktu dan tanggal.

Seperti diketahui untuk type ini tidak menggunakan baterai bios seperti type-type lain, yang mungkin akan membuat Andakebingungan bagaimana cara memperbaiki bila laptop type Z1402 yang anda miliki tidak mau tersimpan saat seting bios acer 14z.

Untuk memperbaiki laptop acer yang tidak mau menyimpang setingan tanggal dan waktu pada bios maupun laptop acer tidak mau masuk bios, cara memperbaikinya cukup mudah bagi yang sudah paham yaitu dengan melakukan flashing ic bios laptop, dengan menggunakan file yang sudah ter tested ok dan joss.

Kemudian jika sudah dilakukan flshing, berikut cara masuk bios laptop acer es 14 dan melakukan setting bios waktu dan tanggal kembali, dengan menekan F2 waktu booting. Hal ini beguna juga bagi kalian yang sedang kebingungan mencari cara untuk instal ulang laptop acer e14 ini.

Nah kembali ke inti , disini kita akan membahas tutorial cara memperbaiki laptop acer 14 Z1402 spesifikasi core i3, dengan kerusakan mati total atau tidak bisa hidup sama sekali, meskipun anda sudah menekan tombol power sekian detik lamanya.
Baca juga : Cara memperbaiki laptop acer 4750-4752 Layar blank putih

Seperti kasus yang saya dapati ini, masuk dari customer, laptop acer dengan keluhan awal mati total, Untuk langkah-langkah pengecekan dan eksekusi. Simak penjelasan dibawah.

1). Bongkar terlebih dahulu
2). Lakukan pengecekan pada jalur VIN sudah normal atau bermasalah
3). Cek voltase 3V dan 5V alw (Always On) Harus ada
4). Bila beberapa tegangan diatas sudah OK
5). Flash ic Bios terlebih dahulu, terkadang kerusakan dapat diakibatkan file bios corupt
6). Bila flash nihil, cek 3V ALW pada tombol SW
7). Disini yang saya dapati pada kasus mati total type Z1402 pada tombol SW tidak hadir tegangan wajib 3V.
8). Langkah selanjutnya telusuri kemana saja jalur 3V pada tombol SW atau bersumber dari mana. Secara manual, karena schematic acer Z1402 tidak ada dan hanya ada boardview acer Z1402 saja.
9). Ketemu, penyebab laptop acer 14 Z1402 mati total, yang disebabkan oleh tidak berjalan normalnya mosfet RK E, ketika di Switch gate tidak berjalan dengan normal, Coba jumper dan laptop kembali mau di Switch. lihat gambar dibawah :

10). Penyelesaian , lakukan pergantian komponen yang bermasalah dengan yang masih ok atau baru, kemudian tes kembali dengan cara menekan tombol power. Bila sudah ok maka laptop akan hidup dengan normal.
11). Tes video satu hari penuh OK, kemudian rakit kembalikan ke user.

Sebenarnya kasus pada semua laptop itu turunan, atau kasus yang memiliki kesamaan dan cara penanganan yang sama , namun yang membedakan adalah struktur penempatan dan cara kerja komponen yang digunakan, pada motherboard masing-masing.

Dalam pengerjaan kerusakan laptop, hal yang paling penting adalah teliti. Karena bila kita tidak teliti sedikitpun maka hal yang seharusnya mudah akan menjadi sulit, yang dapat merugikan kita sendiri. Postingan diatas adalah untuk sekedar panduan saja, tidak bermaksut lain. Jadi bila ada salah-salah kata mohon dimaafkan , maklum saya selaku admin juga manusia.

Bila bermanfaat, silahkan dimanfaatkan sebaik mungkin dan semoga menjadi berkah rizkinya juga semakin lancar usaha service laptop, untuk rekan teknisi laptop di seluruh indonesia. Silahkan di share atau di save di borkmark agar tidak hilang.

Bila anda masih bingung dan tidak bisa memperbaikinya sendiri , anda bisa membawanya ke tempat Service Laptop di Malang dan Tempat Service Laptop di Kediri, kami siap membantu anda.


Artikel Terkait Lainya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Laptop Acer 14 Z1402 Tidak Bisa Hidup atau Mati Total"

Post a Comment