Cara kerja mosfet N-channel

kursus teknisi gratis
Selamat malam , disini saya akan menjelaskan secara singkat tentang bagaimana cara kerja mosfet N-Channel ..
Dalam sebuah laptop terdapat banyak komponen yang anda harus tau terutama mosfet , dari sekian banyak komponen saya akan membahas salah satu cara kerja komponen yaitu mosfet N-channel :
silahkan anda simak agar diatas , pada gambar diatas terdapat suatu alur dalam komponen yaitu mosfet n-channel ..

  • Pada mosfet N-Channel jika vin/teggangan masuk melalui drain(D) maka tidak akan bisa langsung masuk ke SOURCE(S)  dikarenakan ada dioda searah yang harus ada gate (G) yang akan membuka gerbang drain menuju sous. tegangan gate harus lebih besar dari DRAIN jika DRAIN 19v maka GATE harus lebih besar dari 19V sebagai contoh 24/25V baru tegangan dari DRAIN bisa masuk ke SOURCE(S) .
  • Maka sebaliknya jika vin/Tegangan masuk melalui SOURCE maka tegangan akan langsung bisa masuk ke drain tanpa harus meelalui syarat kerja komponen atau melalu gerbang GATE dikarenalan DIODA searah yang menghadap ke drain ..
Dengan begini pada intinya pada mosfet n-channel terdapat syarat teggangan agar teggangan mau menyebrang , jika input(vin) masuk dari DRAIN  yang akan dibuka oleh gate yang lebih besar dari drain agar GATE dapat bekerja dengan baik ..
Namun syrat kerja tidak berfungsi jika input masuk dari SOURCE(S) teggangan akan langsung masuk ke drain tanpa harus ada gate..


EmoticonEmoticon