Memahami Power Squence Pada Sebuah Laptop

APA ITU POWER SQUENCE ? Secara bahasa power squence bisa diartikan sebagai urutan daya pada sebuah laptop.
Dalam ACPI terdapat 6 keadaan atau status teggangan S0,S1,S2,S3,S4 dan S5 Status tegangan tersebut dapat didefinisikan  sebagai berikut :
turtorial service laptop gratis dan free
  • S0
    Keadaan bekerja. Dalam status ini mesin bekerja secara penuh.
  • S1
    Keadaan menggantung (suspend) dalam keadaan ini, aktifitas CPU dalam kondisi menggantung (suspend) tetapi tetap mempertahankan kontks atau hubungannya.
  • S2 dan S3
    Keadaan tidur (sleep). Dalam keadaan ini , hubungan atau konteks memori dipertahankan tetapi konteks CPU hilang. Perbedaan antara S2 dengan S3 adalah inisialisasi CPU pada S2 dilakukan oleh Firmware sedang S3 dilakukan oleh perangkat.
  • S4
    Suatu kedaan tidur dimana hubungan atau konteks disimpan di disk. Konteks kemudian dikembalikan setelah kembali ke keadaan S0. Identik atau sama dengan soft-off untuk perangkat keras, keadaan ini dapat di implementasi atau diterapkan baik oleh system operasi (OS) maupun perangkat keras.
  • S5
    Keadaan soft-off semua aktifitas berhenti dan semua hubungan atau konteks hilang.
Jika kita mencoba untuk memasang sebuah daptor dan kemudian menekan tombol power pada laptop maka berarti kita membuat laptop memasuki keadaan S5 sampai S0.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Memahami Power Squence Pada Sebuah Laptop"

  1. Sangat bermanfaat, senang sekali masih ada orang2 yang mau berbagi ilmu. Semoga dimurahkan rezekinya buat penulis, amin

    ReplyDelete