Turtorial Dasar Dalam Menggunakan PSU (Power Supply Unit)

Disini saya akan sedikit berbagi turtorial dasar dalam menggunakan PSU atau yang sering kita sebut dengan POWER SUPPY,  PSU sering kita gunakan untuk membantu kita dalam mengerjakan atau pengecekan pada kerusakan laptop maupun untuk membantu pengisian daya pada laptop sebagai pengganti charger atau adapter laptop.
Untuk turtorial penggunaan PSU simak  artikel dibawah :


  1. Cara pertama menggunakan PSU dengan ditambah Universal Jack DC adaptor laptop yang bisa menjadi all in one  atau semua dalam satu adaptor, kita  juga dapat melihat besaran konsumsi arus sebuah circuit laptop hanya dengan melihat amper di monitor PSU  pada saat tegangan diberikan kepada sebuah rangkaian circuit.Nah perhatikan pada saat tegangan diberikan atau dimasukkan ke dalam circuit , jika nilai amper 0,000 yang berarti tegangan belum masuk kedalam  rangkaian sircuit .
  2. Pastikan jika menggunakan  pilihlah Jack  DC universal yang tepat untuk setiap masing masing laptop motherboard. Nilai amper 0001 s/d 009 pada display monitor PSU jika teggangan sudah dimasukan ke dalam rangkaian circuit motherboard laptop menandakan tegangan sudah masuk sampai ke power jack pada sircuit motherboard laptop.
  3. Tambahan Untuk motherboard yang memiliki fitur ADP_ID jika DC jack universal tidak mendukung  tegangan akan terhenti di jalur VALW utama seolah olah ADP_FET tidak meloloskan tegangan yang seharusnya sampai ke BAT_FET. hal ini terjadi pada kebanyakan motherboard laptop HP COMPAQ DELL .Untuk beberapa merk ini jika PSU mengindikasikan arus terhenti pada DC jack motherboard notebook sebaiknya menggunakan adaptor atau charger original milik laptop tersebut agar menghindari kesalahan analisa dan eksekusi pada mobo laptop.
  4. Selain  digunakan sebagai adaptor PSU  juga sangat efektif untuk mendeteksi suatu Feed back (arus balik) yang gejalanya ditandai jika pada saat tegangan dimasukkan arus menunjukkan besaran amper yang meningkat drastis sedangkan tegangan menurun atau drop .Gejala ini menandakan adanya komponen atau jalur yang menyatukan kutub positif dan negatif pada sircuit tersebut (Short).
  5. POTENSIO untuk merubah teggangan voltage atay arus amper yang dihasilkan putar ke kanan atau ke kiri potensio pada psu anda , atur sesuai kebutuhan votage atau amper yang anda butuhkan.
Dan untuk kegunaan dari PSU  yang lainya yang dapat kita gunakan memiliki Potensio Pengaturan besaran tegangan yang dapat diatur sesuai tegangan Voltage Rail. Pada saat kita menemukan adanya missing Voltage dan signal kita dapat menguji dengan memberikan suntikan tegangan sebesar voltase atau signal yang hilang .Jika kita sudah pasti lokasi voltase dan signal yang hilang maka dengan mudah kita mengetahui komponen pembangkitnya dan menggantikannya dengan yang baik.

Nah sekian untuk pembahasan turtorial ilmu dasar dalam menggunakan PSU (Power Supply Unit) semoga kita sebagai orang awam tidak salah dalam penggunaan Power Supply dan mengetahui apa itu PSU.

Sumber referensi : Adidekaz 


EmoticonEmoticon