Panduan Umum Perawatan Laptop

Salam sejahtera , Disini saya akan sedikit berbagi tips turtorial panduan umum dalam pemeliharaan atau perawatan laptop komputer. Langsung saja simak artikel di bawah.

  1. Pertama tama hindarilah dalam penempatan laptop  pada suatu atau didalam tas yang berdesak2kan dengan barang lain maupun sejenis laptop lainya,Tekanan yang terjadi dengan terus menerus akan mengakibatkan efek pada LCD/LED casis tidak presisi yang berakibatkan kebocoran pada tube yang menyebabkan lcd garis,blank putih,bahkan berakibat fatal yaitu mati.
  2. Bersihkan keyboard secara berkala dengan menggunakan kuas atau  dengan vacum cleaner.
  3. Jangan  pernah sekali kali meninggalkan Laptop di ruangan yg bertemprature panas. Seperti halnya meninggalkan di mobil saat parkir,dekat jendela yg terkena matahari  karena dapat mengakibatkan kerusakan atau memperpendek umur dan kinerja laptop.
  4. Tempatkan laptop maupun notebook anda di tempat yang mudah terlihat, agar tidak terinjak atau tertendang pada saat kita berjalan dan terburu buru
  5. Jangan pernah biarkan baterai  terpasang jika tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama. 
  6. Jangan  terlalu sering menggunakan listrik AC terus menerus, gunakan baterai secara teratur untuk tetap dalam kondisi baik. Matikan adaptor AC Anda ketika laptop tidak digunakan. Hal ini untuk mencegah pengisian yang berlebihan.
  7. Untuk memperpanjang masa pakai baterai,  dapat mencoba mengurangi kecerahan kontras pada  LCD laptop  saat menggunakan notebook atau laptop. aktifkan `standby mode 'dan` Hibernation "power saving mode, juga untuk perawatan baterai , mengnonaktifkan Wi-Fi ketika tidak digunakan.
  8. Jika laptop sedang tidak dipakai untuk jangka panjang atau waktu yang lama seminggu atau lebih lama,lepas baterai dari laptop, tetapi hanya setelah power baterai dikosongkan.
  9. Jangan mematikan/shootdown dengan menekan/menahan tombol power sampai mati. Meskipun cepat, metode ini berbahaya bagi laptop dan dapat menyebabkan kehilangan data. Sebuah hard reboot seharusnya hanya digunakan sebagai pilihan terakhir. Kadang-kadang ini tidakvbisa dihindari, misalnya, ketika Windows hang. Tapi ini tidak harus menjadi latihan kebiasaan teratur. Hindari laptop dari benturan dan guncangan. Hal ini akan membantu menghindari kerusakan pada hard drive . Sebaiknya, matikan notebook sebelum pindah dari satu tempat ke tempat lain.
  10. Sebisa mungkin Hindarkan laptop dari sinar ultra violet pada saat security scan di bandara.karena sinar ultra violet dapat menghapus data pada bios epromer(pengaturan hardware system),yg menyebabkan laptop tidak dapat tampil.(led nyala tapi ga tampil:seperti gejala VGA rusak) netbook komputer adalah jenis laptop yang paling sering rusak pada data biosnya.
  11. Coba hilangkan kebiasaan menggunakan external hard drive/dvd/flash disk dan memutarnya langsung seperti video,music ataupun lainya tanpa memindahkan datanya ke netbook juga salah satu penyebab bios atau bahkan SIO chip dapat bermasalah.
  12. Nah Jika Anda baru saja menutup laptop Anda,standby mode. berikan  waktu jeda selama 30 detik sebelum anda memulai menghidupkanya lagi. Hal ini memastikan bahwa hard drive telah berputar ke bawah, dan tidak langsung memulai kerjaan atau mematikan.
  13. Jangan pernah memakai laptop di atas kain atau kasur karena sirkulasi udara di bawah tidak lancar/tertutup,panas yang berlebihan akibat tidak lancarnya sirkulasi udara  dapat melemahkan sirkuit laptop.terutama pada VGA chipset laptop
  14. Jangan terlalu menekan sangat keras keyboard laptop karena, jika rusak biasanya harus di ganti dan tidak bisa diperbaiki. sangat dianjurkan saat bermain game menggunakan keyboard eksternal.
  15. yang terakhir awasi pemakaian bagi anak anak di bawah umur.
Nah tunggu apalagi ayo segera kita rawat laptop kita agar awet dan tidak mudah rusak , kita pun nyaman dalam memakainya karena performa laptop yang kita punya dan telah kita rawat bisa stabil baik. Semoga artikel langkah langkah merawat laptop diatas bermanfaaat .. 

2 komentar

Tapi kebanyakan laptop saya cuma saya elap sama seprot cairan pembersih, btw nice post :)


EmoticonEmoticon