Definisi Dan Pengertian Rangkaian Digital

Apa itu rangkaian digital ? 
Definisi Rangkaian Digital Dan Pengertian Rangkaian Digital  - Rangkaian Digital adalah sesuatu yang harus dan wajib kita ketahui bagi seorang yang sangat ingin mempelajari dan belajar elektronika kelistrikan . Mungkin kita sudah menggunakan sebuah rangkaian digital dalam pengalaman kita dalam kehidupan dengan sebuah elektronika maupun kelistrikan.

Penjelasan tentang rakaian digital. Rangkaian Digital adalah suatu rangkaian yang hany menangani suatu sinyal yang tinggi dan yang rendah, dengan kata lain dapat diartikan bahwa suatu elektronika digital merupakan dunia dari suatu logika 1. Sebuah peralatan digital beroperasi dengan sinyal digital dengan penggambaran suatu pembangkit gelombang persegi.

Didalam sebuah rangkaian elektronik digital hanya akan terdapat dua teggangan pada satu diagram bentuk gelombang, tegangan ini dilabelkan TINGGI dan RENDAH ( LOW and HIGH). Tegangan HIGH (Tinggi)  +5V dan tegangan LOW (Rendah) adalah 0V. Tegangan HIGH +5V biasa disebut sebagai Logika 0. Logika menandakan 2 kondisi bila sebuah rangkaian bernilai 0 maka peralatan tidak sedang beroperasi atau sering disebut juga LOW, dan  bila rangkaian bernilai 1 maka sebuah peralatan sedang beroperasi atau biasa disebut HIGH (Tinggi)

Bentuk gelombang sinyal digital lihat gambar dibawah :
Suatu bahasa biner atau logika ini adalah satu-satunya bahasa yang dapat dengan mudah dimengerti oleh suatu mesin hal ini disebabkan untuk memberikan suatu tingkat efisiensi dan efektifitas dari sebuah peralatan mesin maka digunakan sebuah system digital. Rangkaian Digital itu sendiri dapat dibagi menjadi 2 sifat, yaitu sebuah rangkaian kombinasional dan rangkaian digital seksuensial.

Sebuah sinyal digital dapat dibangkitkan oleh saklar hidup dan mati yang cukup sederhana, sinyal digital juga dapat dibangkitkan oleh suatu resistor yang berubah hidup dan mati. Sejak beberapa tahun ini sinyal elektronika biasanya dibangkitkan dan diolah oleh sebuah rangkaian yang terpadu IC atau biasa disebut integrated circuit. Suatu alat yang sering digunakan sebagai alat ukur rangkaian digital adalah Multimeter Digital (DMM).

Bila suatu arus, hambatan maupun tegangan yang diukur oleh alat ukur DMM mengalami kenaikan, maka akan tampil pada display dengan ditandai meloncat ke atas dengan langkah yang lebih kecil. Bilai tangkai geser DMM pada potensiometer digeser ke atas, maka tegangan dari titik A ke B akan berangsur naik.

Rangkaian digital memiliki kelemahan pada suatu sistem yaitu tingginya daya energi yang dibutuhkan untuk mengubah suatu kode desimal menjadi kode mesin atau kode biner. Selain itu rangkain digital juga mempunyai suatu komponen-komponen yang tersusun atas komponen IC(Integrated Circuit) yang pada dalamnya terdapat kumpulan puluhan ribu gerbang logika. Pada umumnya komponen ini sangatlah rabuh dan butuh biaya yang cukup begitu mahal untuk menggantikan satu komponen IC.

Sekalipun memiliki kelemahan dalam hal money atau biaya akan tetapi suatu rangkaian digital ini sangatlah efisien atau hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk emngkonversi suatu data desimal ke dalam bahasa yang dapat dengan mudah dimengerti oleh mesin karena hanya mengg
unakan kapasitas memori yang efisien. Dan adanya suatu network interface juga sebagai nilai plus bagai sebuah Rangkaian Digital.

Sekian artikel dan penjelasan tentang definisi dan pengertian rangkaian digital, Sumber bacaan dan referensi diambil dari berbagai sumber. Terimakasih telah membaca. Semoga bermanfaat.

sumber bacaan : webstudi.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Rangkaian Digital"

Post a Comment