Faktor Penyebab Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Dan Cara Memperbaikinya

WiFi adalah sebuah teknologi elektronik yang digunakan untuk bertukar data dengan cara nirkabel(memanfaatkan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer dan termasuk koneksi internet.

Apakah kalian sering mengunakan jaringan nirkabel Wi-Fi ini ? jika kalian sering, pastinya kalian pernah dipusingkan oleh wifi yang mengalami masalah, salah satu contoh adalah ketika kita hendak memakai wifi pada laptop namun wifi tidak bisa terkoneksi dengan server jaringan wifi. Pastinya kalian akan merasa jengkel.

Sebelum merasa jengkel berlebihan , sebaiknya kenali apa penyebab Wifi pada laptop kita tidak bisa konek ke server modem wifi yang kita miliki. Mungkin bagi para ahli IT tidak lagi kebingungan ketika menghadapi hal sepele (Yah itu untuk orang IT dan yang sudah ahli ) seperti ini, namun bagi kita orang awam yang tidak terlalu paham konsep dasar perawatan dan penggunaaan laptop pasti akan merasa kebingungan.

Wifiku kenapa sih kok tidak mau konek internet ? (dalam hati ber tanya-tanya)

Agar dapt mempermudahkan bagi kita (Orang awam) mengenali masalah yang terjadi terhadap wirelles kita dan mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya supaya wifi pada laptop kita kembali bisa digunakan dengan baik.

Penjelasan beberapa faktor penyebab wifi internet tidak terdeteksi di laptop atau tidak bisa conect dan cara mengatasinya. 

  • Yang pertama adalah faktor jaringan wifi yang dibatasi oleh pemilik modem, seperti halnya ketika kita memakai internet wifi di tempat umum seperti Cafe, karena banyaknya pengguna yang memakai jaringan wifi, dan bila modem wifi di setting dengan pembatasan maka kita tidak akan bisa terhubung jika pembatasan wifi itu penuh.

    Sebagai contoh satu jaringan wifi cafe di setting dengan pembatasan maksimal 10 orang koneksi, maka jika yang ingin terkoneksi dengan jaringan melebihi 10 orang, nah orang yang diatas tidak akan bisa tersambung.

  • Selanjutnya dikarenakan ngedropnya jaringan wireles yang kita miliki, yang dapat mengakibatkan kita tidak bisa terkoneksi dengan benar. Salah satu contoh adalah ketika kita menyambungkan laptop ke wifi namun selalu gagal.

  • Icon wifi pada laptop ada tanda silang, dan tidak mau mendeteksi wifi sama sekali. Hal seperti ini biasanya disebabkan oleh pengaturan pada wifi laptop yang kita pada posisikan mode offline atau mode pesawat.

  • Wifi tidak keluar sama sekali dan muncul logo icon computer, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor.
    - Wifi tidak ter instal dengan benar
    - Wifi Card rusak atau mengalami eror

  • Wifi tidak bisa menangkap sinyal dalam jarak tertentu, hal ini dapat diakibatkan oleh lemahnya wifi card pada laptop yang mengakibatkan laptop tidak dapat menangkap sinyal pada jaringan dalam jarak tertentu.
Cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect dengan benar dan mudah.
  • Yang pertama jika jaringan wifi di setting pembatasan, lakukan langkah dengan men setting ulang modem atau menambah jumlah jaringan (orang) yang bisa terkoneksi dengan wifi.
  • Jika jaringan wireles wifi mengalami penurunan (Ngedrop) sebaiknya anda melapor kepada pihak penyedia jaringan tersebut , dengan menelpon langsung layanan konsumen dan melakukan komplain.
  • Icon wifi silang , sebaiknya cek pengaturan pada wifi laptop, sudah benar apa belum saat kita melakukan setting , selalu usahan pada mode on.
  • Icon computer pada wifi, cek terlebih dahulu driver wirelles kita dan pastikan sudah ter instal dengan benar apakah belum. Kasus seperti ini yang sering terjadi hanyalah dirver laptop kita. Jika sudah ter instal maka bisa dilanjutkan dengan mengecek wifi card laptop.
  • Wifi tidak bisa menangkap sinya pada jarak tertentu. Sebaiknya lakukan pergantian sparepart wifi card kita, agar laptop kita dapat kembali normal. Kasus seperti ini yang diakibatkan oleh melemahnya sparepart wirelles pada laptop, Namun jika tidak memiliki partny saya sarankan untuk membawanya ke tempat service laptop terpercaya.

Kasus-kasus diatas adalah hal yang kerap dihadapi oleh pengguna laptop, Kasus yang sering terjadi pada notebook dengan berbagai merk dan tidak terjadi pada satu merk saja.
Sebagai contoh wifi yang sering mengalami kerusakan biasa terjadi pada Wifi laptop Asus, Dell, Axioo, Fujhitsu, Lenovo , Toshiba Samsung, Soni Vaio. yah hampir semua memang , namun taukah anda hal itu memanglah wajar dikarenakan barang elektronik itu tidak ada yang tahu jangka normalnya. 

Namun dengan perawatan yang tepat dan baik, pasti akan lebih maksimal dan lebih awet. Yang dikarenakan laptop bila tidak terawat dipastikan akan mengalami kerusakan dengan cepat dan tentunya bisa mengalami mati total.

Sudah tahu apa penyebab laptop anda tidak bisa terkoneksi pada jaringa wifi ?

Artikel Terkait Lainya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor Penyebab Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Dan Cara Memperbaikinya"

Post a Comment