Gerbang Logika AND Pengertian Dan Rangkaianya

Gerbang AND. Gerbang Logika AND Pengertian Dan Rangkaianya - Penjelasan Gerbang Logika AND , Gerbang logika AND biasa disebut dengan gerbang semua atau tidak. Lihat contoh pada gambar dibawah yang menampilkan tentang suatu dasar gerbang AND yang menggunakan saklar yang sederhana.
Apa yang harus anda lakukan supaya lampu keluaran L1 hidup ? Yang harus dilakukan hanya menutup kedua saklar A dan B agar lampu L1 hidup. Dapat dikatakan bahwa saklar B dan A harus ditutup agar keluaran pada L1 dapat hidup. Gerbang Logika AND yang akan dioperasikan paling sering tersusun dari sebuah dioda dan sebuah Transistor (baca : Jenis-Jenis Transistor - ELektronika Dasar ) dan tersusun dalam sebuah IC.

Symbol Gerbang AND yang standar untuk kita gunakan pada relay saklar, rangkaian pneumatik , dioda diskrit dan sebuah transistor maupun IC. ini merupakan sebuah simbol yang harus dan wajib di hafal karena digunakan hingga sekarang untuk Gerbang Logika AND.
Untuk memperlihatkan gerbang AND kita gunakan simbol logika, perhatikan gambar dibawah.
Istilah-Istilah Logika yang biasanya digunakan untuk menyatakan suatu proses pengambilan keputusan. Maka pada suatu gerbang logika merupakan sesuatu rangkaian yang dapat memutuskan untuk berkata iya atau tidak pada keluaran yang berdasarkan masukan.

Gerbang Logika AND akan berlogika 1 bila dari semua inputnya berlogika 1, namun apabila pada salah satu atau semua keluaranya berlogika 0 maka keluaranya berlogika 0.

Tabel Kebenaran AND - Tabel dibawah disebut dengan table kebenaran untuk suatu Gerbang AND yang memberikan semua kemungkinan kombinasi masukan dari B dan A. Sebuah tabel kebenaran mendefiniskan dengan sangat cepat operasi Gerbang Logika AND. Perhatikan Tabel kebenaran dibawah untuk menjelaskan gerbang AND.


Ekspresi Boolean Gerbang AND - Nah sampai disini anda sudah menghafal suatu symbol gerbang logika dan tabel gerbang AND. Kini anda akan mempelajari sebuah metode penulisan pernyataan. Masukan A di-AND-kan dengan masukan B untuk dapat mendapatkan keluaran Y. Metode yang singkat untuk menuliskan pernyataan ini sering disebut ekspresi Boolean ("Boolean" dari aljabar Boolean-aljabar-logika)

Ekspresi Gerbang Logika Boolean adalah suatu bahasa universal yang sering digunakan oleh ahli teknisi dan ahli rekayasa dalam elktronika digital. Lihat pada gambar tabel dibawah.

Dan perlu dicata bahwa pada suatu perkalian titik digunakan untuk menyimbolkan suatu fungsi AND dalam sebuah teori Boolean. Pada gambar tabel diatas yang menggambarkan empat cara yang seringkali digunakan untuk menyatakan peng-AND-an masukan B dan A. Semua metode yang digunakan secara luas dan harus dipelajari bagi setiap orang yang ingin dan sedang berkerja pada bidang elektronika digital.

Penggambaran Gerbang AND menggunakan Dioda -   Lihat pada gambar dibawah yang terlihat jika A dan B pada posisi minimum, maka kedua transistor tidak akan bekerja sehingga tegangan Q adalah 0 yang artinya A = 0 B = 0 maka Q = 0.
Penjelasan Gerbang AND Dengan Transistor Dan  Penjelasan Gerbang AND Dengan Transistor
Dan sebaliknya jika tegangan suatu baterai A pada keadaan Logik 1 misalnya A = 10V dan pada sebuah baterai pada keadaan Logik B = 10V maka pada kedua transistor bekerja sehingga tegangan pada beban RL ada pada keadaan logik 1 yang artinya A = 1 B = 1 maka Q = 1

Sekian artikel dan penjelasan tentang Gerbang AND. Gerbang Logika AND Pengertian Dan Rangkaianya, Sumber bacaan dan referensi diambil dari berbagai sumber. Terimakasih telah membaca. Semoga bermanfaat.

sumber bacaan : webstudi.blogspot.com

Posting Komentar untuk "Gerbang Logika AND Pengertian Dan Rangkaianya"