Cara Membuat Shortcut Shutdown, Sleep, Lock Dan Hibernate Pada Laptop

Kali ini kita akan memberikan tips dan cara membuat shortcut shutdown yang berguna untuk mematikan laptop dengan cepat, Selain membuat shortcut untuk membuka secara cepat aplikasi maupun file dan folder pada laptop, shortcut juga dapat dibuat untuk Shutdown, sleep, hibernate , lock dan restart laptop dengan operating system windows 7, 8, 8.1 dan win 10.


Shortcut seperti ini sangatlah berguna bagi para pengguna laptop yang notabene memakai OS Windows 8, 8.1 dan 10. yang cukup kesulitan untuk mematikan laptop dengan os tersebut, namun untuk OS windows 7 meang tidaklah terlalu memerlukanya.

Berikut adalah langkah dan Cara Membuat Shortcut Shutdown, Restart, Sleep, Lock dan Hibernate di Komputer/Laptop.

  1. Langkah paling pertama adalah dengan menghidupkan laptop
  2. Kemudian masuk dekstop, Klik kanan pilih New - > Shortcut
  3. Kemudian akan muncul jendela baru, pada jendela baru isikan kode shutdown pada colum jendela baru. Lihat gambar dibawah :
    Kode untuk shortcut yang harus dimasukan di colom jendela baru stelah click new shortcut.

    Untuk shutdown
    Shutdown.exe -s -t 00

    Untuk restart
    Shutdown.exe -r -t 00

    Untuk beralih ke mode sleep
    rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0

    Untuk mengunci/lock
    Rundll32.exe User32.dll,LockWorkStation

    Untuk melakukan hibernate
    rundll32.exe PowrProf.dll,SetSuspendState
  4. Setlah itu klik next dan beri nama sesuai dengan nama yang anda inginkan. lalu klik finish maka secara otomatis shortcut shutdown windows sudah ada pada dekstop laptop anda.
  5. Jika anda kurang cocok dengan icon yang ada pada shortcut, anda bisa merubahnya dengan melakukan Klik kanan lalu properties change icon lalu OK. Lalu pilih icon yang diinginkan kemudian klik Apply dan OK


Pada dasarnya membuat shortcut ini sangatlah mudah dan simple, selain caranya yang mudah shotrcut sangat banyak memiliki manfaat dan kegunaanya dalam mempermudah pekerjaan kita. untuk cara membuat shortcut aplikasi , file dan folder bisa Baca : Cara membuat shortcut aplikasi pada desktop laptop windows 7.

Demikian kali ini turtorial tentang cara membuat shortcut dekstop shutdown, lock , sleep, restart dan juga hibernate pada windows 7, 8, 8.1 dan 10 di pc/komputer, laptop atau notebook.  Silahkan dicoba dan semoga sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Shortcut Shutdown, Sleep, Lock Dan Hibernate Pada Laptop"

Post a Comment