Tips Berbelanja Online Yang Aman


Cara Berbelanja Online Yang Aman - Seiring berkembangnya jaman teknologi juga ikut berkembang dengan pesat, salah satu contoh perkembangan teknologi di era modern ini adalah munculnya toko online. Toko online itu sendiri biasa diartikan dengan toko yang menjual atau memasarkan barang secara online (Melalui media internet).
Namun apakah anda tahu, semakin berkembangya era modern dengan banyaknya toko online yang semakin merabak. Banyak oknum yang tidak bertangung jawab memanfaatkan hal tersebut, salah satunya dengan melakukan penipuan online. Baca : Daftar rekening penipu online Update 2017.

Banyaknya penipuan online dengan mengatas namakan toko online atau biasa sering terjadi dengan memakai nama toko yang terkenal dan besar. Salah satu media yang sering digunakan para pelaku penipu ini melakukan penipuan dengan melalui akun Facebook.

Yups facebook memang salah satu favorit bagi para penjual untuk memasarkan dagananya dan bagi para pembeli mencari barang yang mereka inginkan, selain begitu banyaknya pengguna media sosial facebook ini juga sangat banyak sekali para pengguna yang memanfaatkan untuk menjual suatu barang dagangan miliknya melalui facebok.

Tapi, jika kalian bebelanja online melalui media sosial facebook , sebaiknya lebih berhati-hati. Dalam beberapa tahun terakhir ini telah banyak yang menjadi korban penipuan online lewat media sosial facebook. Selain kurang telitinya pembeli, harga barang yang raltif murah juga menjadi iming-iming cukup mengiurkan.

Jika kalian mengalami penipuan online, segeralah melapor kepada pihak berwajib dan sertakan bukti penipuan yang telah menimpa anda. Berikut  3 cara melporkan penipuan online.

  1. Pertama datang ke kantor polisi terdekat , Laporkan kejadian penipuan online yang menimpa anda dan serahkan bukti bukti yang anda miliki.
  2. Laptop melalui email ke cybercrime@polri.go.id
    - Berikanlah info sedetail-detailnya bagaimana jalannya transaksi
    - Masukkan pula bukti-bukti lainnya, seperti bukti pengiriman atau bukti transfer, sms, ataupun   bukti percakapan lainnya antara Anda dan penipu
    -Sertakan pula data-data penipu,  Lalu kirim laporan via email
  3. Segeralah melapor ke bank yang anda gunakan untuk transfer, berikut nomor call center bank indonesia
    - Bank BCA di 1500888
    - Bank BNI di 1500046
    - Bank CIMB di 14041
    - Bank Mandiri di 14000
    - Bank BRI di 14017
Bila anda telah terkena penipuan segeralah melapor, agar dapat segera di tindak lanjuti dan tidak memakan korban selanjutnya. 

Selain cara melaporkan penipu online, anda juga wajib mengetahui beberapa cara berbelanja online, agar anda tidak pernah mengalami kerjadian yang tidak mengenakan seperti tertipu dengan belanja online.

Berikut ini adalah beberapa tips berbelanja online agar kalian tetap aman dan nyaman saat melakukan transaksi online.
  • Belanja online via media sosial facebook atau instagram.
    Usahakan selalu mengecek nomor rekening dan identitas diri dari penjual, salah satunya dengan mencari di internet google, coba searching no rekening dan nomor telphon ke internet.

    Meminta rekomendasi ke teman, atau ke grup-grup jual beli facebook. Biasanya para penipu yang pernah melakukan aksinya telah diketahui oleh banyak pengguna facebook yang telah tertipu.

    Minta transaksi lewat Rekber (Rekening Bersama) bisa memakai toko online terbesar di indonesia Tokopedia dan usahakan selalu minta  identitas diri si penjual, scan KTP  atau SIM.
  • Benlanja online melalui websit si penjual.
    Selalu cek apakah toko online tersebut aman dan buka toko online abal-abal, bisa melakukan kroscek ke internet atau masuk ke polisi internet untuk dapat mengecek situs tersebut.

    Lihat apakah ada alamat lengkap yang tertera pada website dan pastikan bahwa alamat itu valid milik si penjual pada website tersebut.
  • Tips yang terakhir, sebaiknya kalian berbelanja online melalui situs toko online yang sudah terpercaya dan sudah pasti bertanggung jawab.

    Berikut adalah situs toko online terbesar dan terpercaya di indoneisa :
    - Tokopedia.com (100% Aman)
    - Bukalapak.com (100% Aman)
    - Marketlaptop.com (100% Aman)
    - Lazada.co.id (100% Aman)
    - Shopee.co.id (100% Aman)
    - Elevania.com (100% Aman)

    Toko online terpercaya luar negri dan sangat besar di dunia :
    - Alibaba.com (100% Aman)
    - Aliexpress.com (100% Aman)
Diatas adalah beberapa cara lapor jika kalian mengalami penipuan , juga sedikit tips untuk berbelanja online agar kalian dapat terhindar dari penipuan yang tidak anda inginkan. Salah satunya seperti yang saya jelaskan diatas dengan belanja melalui website yang telah terpercaya di indonesia.

Jadi, Masih mau belanja online via facebook ? 

Yang tentu resikonya jelas lebih tinggi, tapi semua itu tergantung pribadi masing-masing dan yang paling penting adalah dengan berhati hati, teliti , dan waspada. Agar selalu aman dan tidak pernah mengalami kejadian yang membuat kita pusing tentunya.

Artikel Terkait Lainya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Berbelanja Online Yang Aman"

Post a Comment