Cara Memperbaiki Memori MicroSD di Smartphone Yang Mendadak Rusak

MicroSD - Memori Micro SD adalah yang telah banyak di gunakan pad smartphone mulai dari smartphone yang tergolong seri lama (Jadul) Hingga model terbaru saat ini. Memori ini memiliki berbagai varian kapasitas, mulai dari 1GB hingga 32GB.

Sayangya banyak terjadi kendala pada perangkat memori Micro SD ini, salah satu masalah yang terjadi adalah kerusakan mendadak tidak terbaca maupun tidak terdeteksi oleh perangkat. Bagi orang awam yang hanya tahu cara memakai namun tidak mengerti cara mengatasi bila mengalami kerusakan, tentu saja hal ini akan membuat anda kebingungan. Terutama bila banyak sekali data-data yang ada pada MicroSD yang kita miliki.

Memori yang mendadak mengalami kerusakan belum tentu tidak bisa diperbaiki dan digunakan kembali. Coba lakukan cara dan langkah berikut ini agar MicroSD anda yang menglami kerusakan mendadak dapat kembali digunakan.

Cara mengatasi dan memperbaiki memori MicroSD yang mendadak rusak tidak bisa digunakan dan tidak terdeteksi.

Ikut langkah - langkah dibawah ini :
1. Coba bersihkan terlebih dahulu lempengan tembaga pada bagian atas memori MicroSD dengan menggunakan sebuah penghapus pensil yang berwarna putih maupun warna lain. Atau bisa juga  anda bersihkan menggunakan kain yang bermaterial microfiber dan mengusap lempengan tembaga secara perlahan hingga lemperngan bersih.

2. Dengan melakukan format ulang atau format total pada microSD dengan cara masuk ke menu Setting lalu pilih Storage kemudian opsi Erase SD Card. Dengan ini microSD akan otomatis terformat total.

4. Langkah berikut and juga bisa mengecek kondisi dari microSD tersebut melalui PC. Pertama kali yang harus dilakukan untuk menngecek kesehatan hardisk melalui pc lihat langkah dibawah :
- Hubungkan smartphone anda ke PC maupun Laptops menggunakan kabel data.
- Pastikan smartphone anda terhubung pada laptops computer dengan modus Mass Storage Mode (MSC)
- Buka windows Explorer lalu klik kanan pada Drive kartu memori.
- Lalu pilih properties
- Klik Tools
- Pilih Error Checking

Langkah terakhir tunggu hingga proses pengecekan selesai, kemudian eject kartu memori dan pastikan kembali apakah sudah terbaca dengan baik atau belum.

5. Yang terakhir jika anda mengalami kejadian di mana memori MicroSD bisa terbaca laptop komputer namun tidak bis di smartphone atau error, lakukan performatan ulang melalui PC Laptop dengan menggunakan format system FAT32.

Bila semua telah anda lakukan namun tetap saja tidak berhasil , kemungkinan kartu memori MicroSD anda telah rusak dan tidak bisa kembali diperbaiki. Untuk menangani hal ini saya sarankan untuk membeli kembali dan menggantinya dengan MicroSD yang baru.

Tips untuk mengamankan file musik video dan foto yang ada pada memori MicroSD agar aman dan tidak hilang ketika memori rusak.

- Sesering mungkin mem-backup data penting yang ada pada memori MicroSD ke laptop maupun computer , supaya jika terjadi kerusakan mendadak data yang kita miliki tidak hilang.

- Simpan file di penyimpanan online yang aman seperti Google Drive dan Microsoft Onedrive agar bila kita butuh dalam waktu yang mendadak dan data yang ada pada memori kita hilang , kita bisa mengakses di mana saja.

Usahakan lakukan beberapa tips diatas agar data yang anda miliki menjadi aman dan tidak hilang ketika mengalami kerusakan mendadak.  Untuk cara merawat micro SD tidak mudah rusak baca dibawah ini :

Cara yang benar untuk merawat kartu memori microSD agar tidak mudah rusak dan awet.

A). Jika menghubungkan smartphone dengan PC dan dalam modus Mass Storage usahakan saat mencabut atau melepas perangkat smartphone dengan meng-eject terlebih dahulu.
B). Sering bersihkan socket lempengan memori agar tidak terjadi kerusakan yang diakibatkan oleh kotoran yang menempel pada lempeng.
C). Sering lakukan scaning pada microSD agar tidak terkena virus yang dapat merusak perangkat kartu memori anda.

Diatas adalah beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk anda, semoga dapat membantu walaupun sedikit. Namun bila anda memiliki pertanyaan yang ingin ditanyakan silahkan bertanya melalui fasilitas yang telah kami sediakan dengan berkomentar , usahakan dengan kata-kata yang baik. Pasti kami akan membalasnya. Bila bermanfaat silahkan di share agar teman anda yang mengalami hal tersebut dapat mengatasinya dengan mudah.

Artikel Terkait Lainya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Memori MicroSD di Smartphone Yang Mendadak Rusak"

Post a Comment