Kerusakan yang sering terjadi pada laptop notebook

Assallamualaikum wr wb. Kali ini teknisikediri.com akan mengulas berbagai macam kerusakan yang sering dialami oleh laptop maupun notebook, Mungkin laptop dan notebook sudah tidak asing lagi bagi semua orang, selain memiliki peranan penting saat ini laptop juga sudah seperti keluarga sendiri yang sangat dibutuhkan oleh kalangan anak sampai orang dewasa.

Nah apakah anda tahu kerusakan yang sering terjadi pada laptop notebook dan cara mengatasinya ? Untuk berbagai kerusakan laptop disini teknisikediri.com akan mengulasnya kerusakan yang sering terjadi pada laptop notebook.

Kerusakan kerusakan yang sering terjadi pada laptop :

  • Laptop matot atau mati total 
    Kondisi ini adalah dimana laptop tidak hidup sama sekali atau bisa artikan tidak bernyawa, Biasany dalam kondisi seperti ini laptop tidak ada tanda tanda kehidupan seperti indikator menyala sekalipun memakai adaptor laptop dan tidak dapat digunakan.
Baca : Cara mengatasi dan memperbaiki laptop mati total dengan standart analisa
  • Laptop hidup tanpa tampilan di layar / Tidak tampil (nodisplay)
    Dalam kondisi ini mesin laptop hidup namun tidak ada tampilan sama sekali pada layar lcd led laptop, Kasus seperti ini adalah ciri kerusakan laptop no display sering terjadi pada laptop yang memiliki dual VGA seperti contoh vga ati radeon dan lain lagi.
Baca : Cara memperbaiki laptop no display atau laptop hidup layar gelap
  • Panas berlebihan atau Laptop overheat
    Laptop yang cepat panas dan overheating, Dalam kondisi ini laptop cepat panas dan mengalami overheat yang dapat mengakibatkan laptop lemot  dan mati sendiri atau bahkan lebih parah dapat mengakibatkan laptop mati karena terlalu panas.
Baca : Penyebab, cara mengatasi laptop cepat panas dan overheat 

  • Laptop mati karena konsleting aliran listrik
    Kasus seperti ini biasa sering terjadi karena hubungan arus pendek listrik sebagai contoh listrik yang tidak stabil ataupun adaptor laptop yang sudah tidak normal dan dapat mengakibatkan laptop short atau konslet
Baca : Penyebab laptop konslet dan cara mengatasinya

  • Layar laptop blank putih meski sudah diganti led
    Kasus ini  sering terjadi pada laptop acer yang dimana kondisi laptop hidup dengan tampilan layar blank putih sekalipun sudah diganti dengan layar laptop yang baru
Baca : Cara memperbaiki laptop acer layar blank putih meskipun sudah ganti lcd laptop

  • 30 Menit laptop mati sendirinya
    Kasus laptop yang tiba tiba mati dalam jangka waktu 30 menit, tanpa kita mematikan laptop dengan sendirinya laptop mati.
Baca : Cara memperbaiki laptop 30 menit mati sendiri 

  • Laptop hanya tampil di lcd monitor namun di led laptop blank hitam
    Kasus ini terjadi karena adanya ke tidak stabilan pada system motherboard laptop yang dapat diartikan kondisi laptop tidak normal dan hanya bisa tampil gambar pada lcd monitor tidak pada led laptop tersebut.
Baca : Cara service laptop hanya tampil di lcd monitor 

  • No charging atau laptop tidak mau mengisi baterai saat di charger
    Laptop no charging biasa diartikan laptop tidak mau mengisi daya baterai meskipun baterai dan adaptor laptop sudah diganti dengan baru.
Baca : Cara mengatasi dan memperbaiki laptop tidak mau mengisi bateri atau no charging

  • LCD laptop rusak 
    Beberapa keluhan yang sering terjadi adalah led laptop rusak, kondisi led rusak bisa berbagai macam seperti blank putih , tampilan gelam maupun tampilan gambar seperti tv hitam putih.
Baca : Cara mengatasi dan memperbaiki  lcd laptop rusak

  • Keyboard laptop nge-jump atau menekan sendiri
    Yang terakhir adalah keyboard laptop nekan sendiri meski tanpa kita tekan atau sering disebut ngejump, kondisi ini keyboard laptop mengalami kerusakan karena lembab dan arus listrik baterai.
Baca juga : Ciri ciri keyboard laptop mengalami kerusakan
Diatas adalah beberapa kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada sebuah laptop, namu beberapa hal diatas dapat dijegah dengan kita melakukan perawatan yang teratur juga menjaga kebersihan laptop, Agar terhindar dari kerusakan.
Jika ada kerusakan lains selain diatas silahkan berkonsultasi dengan ahli servise laptop atau bisa langsung dibawa ke tempat service laptop terpercaya.

1 komentar so far

Laptop saya sering panas banget mas ngelebihin panasnya komputer itu kenapa ya sama baling2nya kenceng banget kayak kipas angin sampai2 bunyinya seperti helikopter


EmoticonEmoticon